Strategi & Sasaran

icon front default3

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran

Strategi

Waktu dan indikator keberhasilan
  1. Kurikulum, beban belajar, penelitian dan pengabdian masyarakat
  2. Kurikulum yang memiliki kompetensi yang sejalan dengan perwujudan visi misi dan tujuan program studi keteknikan pertanian
  3. Kurikulum yang sesuai dengan perkembangan IPTEK dan dunia kerja
  4. Mahasiswa program studi memperoleh pendidikan yang memenuhi kompetensi sarjana teknologi pertanian yang berkarakter sebagai insan yang belajar sepanjang hayat
  5. Distribusi beban mengajar, penelitian dan pengadian yang merata kepada setiap individu dosen dan memenuhi eqiuvalen wajib mengajar penuh (EWMP) 12 SKS per semester.
  6. Meningkatkan kesejahteraan dosen melalui pemenuhan tanggungjawabnya dalam menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi
    1. Kurikulum, beban belajar, penelitian dan pengabdian masyarakat
  7. Program Studi Keteknikan Pertanian FP USU menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan pasar kerja
  8. Program Studi Keteknikan Pertanian FP USU menyusun kurikulum yang memenuhi beban belajar minimal 144 sks yang memenuhi kriteria karakter sebagai Sarjana Teknologi Pertanian yang siap mengembangkan ilmu dalam kariernya.
  9. Setiap dosen didorong untuk memenuhi beban tugas mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi) oleh dosen.
  10. Menciptakan atmosfer akademik di lingkungan program studi yang mendukung keberlanjutan proses belajar mengajar.
 

Tahun 2017 mahasiswa dapat menyelesaikan 144 sks dalam waktu paling lama 8 semester dan setiap dosen mencapai beban kerja minimal 12 sks setiap semester

  1. Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar
  2. Setiap dosen memiliki perencanaan pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi jangka pendek dan menengah
  3. Program Studi memiliki sistem pengawasan dan penilaian akhir yang terminasi sehingga dapat dievaluasi
    1. Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar
  4. Melaksanakan tata pamong akademik yang memenuhi standar proses yang dapat diukur berdasarkan sistem administrasi dan rekam jejak aktivitas pembelajaran.
 

Tahun 2017 setiap dosen memiliki rencana pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi setiap satu tahun akademik

  1. Kompetensi mata kuliah
  2. Setiap mata kuliah memiliki GBBP dan SAP yang mencerminkan kompetensi yang sesuai dengan visi misi dan tujuan program studi
  3. Dosen melaksanakan fungsi Tri Dharma perguruan tinggi  sesuai dengan kompetensi dalam GBPP dan SAP
  4. Bahan ajar dosen bersumber dari aktifitas penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukannya
  1. Kompetensi mata kuliah
  2. Program Studi Keteknikan Pertanian melakukan evaluasi  dan revisi terhadap ketersediaan GBPP dan SAP untuk setiap mata kuliah yang berlangsung di Program studi

Tahun 2017 setiap dosen sudah memiliki GBPP dan SAP yang telah diperbaharui untuk semester berjalan

  1. IPK kelulusan dan masa studi 
  2. IPK dan masa studi mahasiswa memenuhi standar akademik dan kualifikasi pasar kerja yang semakin selektif
  3. Mahasiswa dan alumni mendapat dan memperoleh pengalaman kerja melalui sistem magang pada perusahaan perkebunan atau perusahaan yang bergerak di bidang pertanian pada umumnya
  1. IPK kelulusan dan masa studi
  2. Meningkatkan IPK kelulusan alumni secara bertahap dengan cara memperbaiki proses belajar mengajar yang tertuang dalam GBPP dan SAP
  3. Mempersingkat masa studi rata rata mahasiswa secara bertahap tetapi tetap memenuhi masa studi minimal sesuai peraturan akademik.

Tahun 2019 mahasiswa program studi keteknikan pertanian memiliki IPK rata rata minimal 3,25 dengan masa studi 8 semester

  1. Kinerja dan pengembangan diri dosen
  2. Dosen program studi keteknikan pertanian memenuhi kewajibannya sesuai EWMP yang terdistribusi secara proporsional untuk masing masing kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat
  3. Dosen dengan kualifikasi pendidikan S2 melanjutkan studi ke jenjang S3
  4. Terjadi peningkatan minat dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan visi misi pargram studi
  1. Kinerja dan pengembangan diri dosen
  2. Dosen program studi keteknikan pertanian melaksanakan kewajiban dan fungsinya sebagai pendidik, peneliti dan pengabdian pada masyarakat sesuai bidang dan keahliannya
  3. Meningkatkan kualitas dosen melalui kegiatan studi lanjut S3 dan pelatihan melalui kursus singkat nasional dan internasional serta aktif dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sesuai bidangnya.

Tahun 2017 stiap individu dosen memiliki 1 (satu) penelitian dan 1 (satu) publikasi nasional atau internasional per tahun

Tahun 2020 lebih dari 50 % dosen sudah bergelar S3

  1. Rekruitasi dan seleksi dosen
  2. Jumlah dosen memenuhi perbandingan dosen dan mahasiswa sehingga program studi dapat meningkatkan kualitas pengajaran, pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  3. Struktur umur yang seimbang antara dosen senior dan junior yang aktif dari waktu ke waktu sehingga proses regenerasi dosen berjalan lancar dengan kualitas yang memenuhi standar dosen dan perguruan tinggi
  1. Rekruitasi dan seleksi dosen
  2. Melakukan penambahan dosen yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan untuk menunjang tugas pokok sesuai visi dan misi program studi.
  3. Melakukan regenerasi dosen sebagai pengganti dosen dosen yang telah purna bakti.

Tahun 2020 perbandingan dosen dan mahasiswa maksimal1: 25